LAB 22 : Wireless Mode Station Bridge.

LAB 22 : Wireless Mode Station Bridge.
Mode station bridige ini merupakan mode wireless yang digunakan untuk menerima sinyal yang dipancarkan oleh Akses Point. Ada beberapa mode yang bisa kita gunakan untuk menerima pancaran sinyal tersebut yakni mode station, station bridge, station pseudo bridge, station pseudo bridge clone, dll. Adapun perbedaan antara masing-masing mode tersebut akan kita bahas pada artikel selanjutnya
Adapun topologi yang kita gunakan adalah seperti terlihat pada gambar dibawah ini.

Utuk langkah konfigurasinya adalah sebagai berikut:
  1. Masuk ke menu Wireless -> Interface
  2. Berikut tampilan wireless table setelah di enable.
  3. Selanjutnya Double klik pada wlan1. Maka akan tampil setting wireless wlan1. Lalu atur mode=station bridge --> apply --> scan.
  4.  
  5. Setelah kita klik scan, maka akan tampil tampilan seperti berikut. Lalu pilih interface yang akan kita gunakan untuk melakukan scanning, pada lab ini kita menggunakan wlan1. Lalu klik start, maka akan tampil beberapa SSID yang terbaca di router. Lalu pilih SSID yang akan kita hubungkan dengan router kita, terakhir klik Connect.
  6. Selanjutnya, SSID pada interface wireless kita akan otomatis berubah mengikuti SSID yang kita terhubung dengannya. Karena SSID yang kita terhubung dengannya tersebut membutuhkan password untuk terhubung, maka dibagian security profile kita masukkan securoty profile yang sudah kita buat sebelumnya. Terakhir klik OK.
    Hingga tahap ini, router kita yang bertindak sebagai penerima (Station) sudah terhubung dengan router yang bertindak sebagai pemancar (AP) yang ditandai dengan status R router yang berarti Running pada interface wilan1.

No comments:

Post a Comment

Tak ada gading yang tak retak!!
Komentar dan masukan yang bersifat membangun selalu kami harapkan, demi kebaikan bersama.

Pages