LAB 25 : Menghubungkan Router ke Internet via Wireless

LAB 25 : Menghubungkan Router ke Internet via Wireless
Pada lab menghubungkan router ke internet via ethernet  telah kita labkan pada lab-lab sebelumnya. Adapun untuk menghubungkan router kita ke internet via wireless maka prinsipnya pun sebenarnya sama. Langsung saja labnya.
  1. Pastikan router kita telah terhubung ke akses point, tentu saja wireless mode dari router kita adalah mode station atau station bridge seperti yang telah kita labkan sebelumnya, dan pastikan statusnya R.
  2. Selanjutnya tambahkan konfigurasi DHCP Client pada interface wlan1.
Selanjutnya kita tambahkan konfigurasi default route. Namun untuk mengetahui IP Address gatewaynya maka kita guna fitur Neighbours beperti berikut

  • Dari pengecekan IP Neighbours tersebut maka kita mengetahu IP Address dari Akses Point (AP) yang terhubung dengan router kita. Dimana pada lab ini IP Address dari AP adalah 192.168.95.1. Maka selanjutnya kita tambahkan konfigurasi Default Route.
  • Selanjutnya test Ping ke 8.8.8.8
    Pada test Ping diatas terlihat bahwasanya router tersebut telah terhubung dengan internet. Adapun untuk menghubung Client dari router kita ke internet, maka kita tunggal menambahkan konfigurasi Firewall NAT pada router kita seperti yang telah dijelaskan pada LAB-LAB sebelumnya.

    No comments:

    Post a Comment

    Tak ada gading yang tak retak!!
    Komentar dan masukan yang bersifat membangun selalu kami harapkan, demi kebaikan bersama.

    Pages