Jalankan Aplikasinya Wind*ws di Linux!!

Menjalankankan Aplikasinya Wind*ws pada Linux

Kebanyakan newbi, yang baru memulai untuk menggunakan linux pasti bertanya-tanya cara menjalankan aplikasinya wind*ws yang biasanya berekstensi .exe pada linux. Salah satu faktor penyebabnya adalah karena kebanyakan newbi yang baru mulai menggunakan linux belum terbiasa dan sulit menemukan aplikasi yang sama atau setidaknya yang mirip dengan yang biasa digunakan ketika menggunakan wind*ws.

Solusinya adalah dengan menginstall wine pada linux anda.
Cara meingstall wine-nya cukup mudah, yaitu:
  1. Buka terminal
  2. Ketikkan apt-get install wine pada terminal tsb. Untuk proses instalasi hanya boleh dilakukan oleh super user atau sering disebut root. Untuk itu, pada distro spt ubuntu kita tinggal menambahkan perintah sudo di depan perintah install, maka perintah yang di ketikkan jika kita menggunakan ubuntu adalah sudo apt-get install wine. Perbedaan super user/root dengan user biasa dapat dibaca disini.
  3. Setelah proses instalasi  selesai, sebaiknya dilakukan perintah update dan upgrade, ketikkan perintah: sudo apt-get update
  4. Lalu dilanjutkan dengan perintah upgrade: sudo apt-get upgrade.
Setelah proses instalasi wine-nya selesai, maka kita bisa menjalankan aplikasi nya microsoft pada mesin linux.

Caranya seperti berikut:
  1. Buka terminal
  2. Masuk ke folder tempat instalasi-nya aplikasi wind*ws. Biasanya di drive c:\Program Files\ dengan perintah cd seperti pada gambar.
    Pada komputer saya, drive c saya mount ke folder /media/KWR untuk cara me-mount drive/partisi bisa klik disini lalu klik skip ads
  3. Ketikkan perintah wine namaaplikasi.exe pada terminal. Seperti pada gambar berikut
  4. Maka aplikasinya wind*ws yang berekstensi .exe bisa dibuka dan dijalankan pada linux.
Namun, saran saya secara personal: jangan terlalu cepat menyerah dan kembali beralih menggunakan wind*ws, cari tau dulu! pasti ada aplikasi yang serupa dengan aplikasi yang biasa kita gunakan pada windows untuk di gunakan pada linux. Seperti aplikasi micros*ft office yang biasa kita gunakan untuk pengetikan surat, data dan presentasi, ternyata di linux juga terdapat aplikasi yang serupa dan sama mudahnya dalam mengoperasikannya yaitu wps, klik disini untuk membaca yang lebih lengkap dan mendownload wps. Setelah terbuka halamannya, klik skip ad (pojok kanan atas).

Sekian dulu buat artikel ini, semoga barmanfaat.

                                                                              Thanks

                                                                              Admin

    No comments:

    Post a Comment

    Tak ada gading yang tak retak!!
    Komentar dan masukan yang bersifat membangun selalu kami harapkan, demi kebaikan bersama.

    Pages