Catatan Kuliah Tamu Human Computer Interaction


Human Computer Interaction

As Far As I Know.. (AFAIK)...

Senin, 18 Januari 2016. Di kampus Institut Teknologi Padang, saya mengikuti kuliah tamu yang menghadirkan Bapak Dr. Sunu Wibirama sebagai narasumber. Sekilas info saja bagi yang belum kenal pak Sunu; beliau merupakan dosen pada Department of Electrical Engineering and Information Technology, Faculty of Engineering, Universitas Gadjah Mada. Beliau juga merupakan peneliti. Berikut website Pak Sunu Wibirama http://wibirama.com/

Berpindah ke topik pembahasan kuliah tamu. Setidaknya saya mencatat ada dua hal penting dalam materi kuliah tamu tersebut. Dalam membuat sebuah produk hal terpenting adalah bukan sebagaimana yang kita inginkan, tetapi buatlah sebagai mana yang pelanggan inginkan/butuhkan (User Centered Design). Sama juga halnya dalam pembuatan sebuah website. Website yang kita buat (katakanlah website penjualan atau e-commerce) sebaiknya berpusat pada user, artinya buatlah sebuah website yang mudah digunakan oleh user, sehingga tanpa dijelaskan cara penggunaan website tersebut, user sudah langsung bisa menggunakan website tersebut. Untuk mencapai hal tersebut, maka langkah awalnya adalah kita tentukan dulu calon pengguna dari website tersebut. Sama halnya seperti dalam dunia marketing. Kita kelompokkan dulu target market kita, baru kemudian kita bisa membuat sebuah produk yang sesuai dengan target market kita.

Kembali ke website, langkah selanjutnya setelah kita melakukan semacam segmentasi target maka selanjutnya kita bisa membuat semacam kuisioner untuk mengetahui komposisi warna, font, dan semua hal baik yang berkaitan dengan desain maupun yang berkaitan dengan pemrosesan data yang memudahkan dan nyaman digunakan oleh user. Ingat, pertanyaan-pertanyaan dalam kuisioner tersebut ditujukan kepada user, jangan dijawab sendiri yaa, karena kalo yang masak itu kita, dan yang mencicipi itu juga kita rasanya seperti kerdus-pun kadang kita rasa enak, hehe nggak seperti itu lah yaa, maksudnya, selera kita kadang berbeda dengan selera pelanggan hehe yang akan menggunakan atau mengakses website tersebut nantinya merupakan user yang sudah masuk dalam target kita tadi.

Disamping menggunakan kuisioner, agar kita bisa membuat sebuah produk yang dalam hal ini adalah website yang cocok untuk user maka kita juga harus mendiskusikan hal tersebut dengan beberapa bidang lainnya, seperti pada gambar dibawah ini. Namun, intinya juga tetap berdasarkan kemudahan dan kenyamanan user.

Disini, kita perlu mengetahui persepsi user, tingkah laku user, atau emosi user ketika menggunakan suatu produk/jasa/sistem (User Experience). Contohnya seperti; dalam menyikat gigi, kebanyakan dari kita merasa lebih bersih ketika menggunakan pasta gigi yang mintnya banyak (yang bikin sejuk), dan yang busanya banyak padahal sebenarnya sama sekali tidak ada pengaruh dari efek mint dan busa yang kita rasakan dengan kebersihan gigi. Malahan, berdasarkan penelitian; menggunakan pasta gigi yang mengandung deterjen dapat mempercepat pertumbuhan plak dan juga dapat mengurangi sekresi saliva dibanding yang menggunakan pasta gigi yang non deterjen disebabkan karena pada pasta gigi deterjen mengandung bahan Sodium Lauryl Sulfate yang dapat menyebabkan mulut menjadi kering. Baca:http://repository.unhas.ac.id/bitstream/handle/123456789/8084/SKRIPSI%20FULL.pdf?sequence=1
Namun kenapa produsen pasta gigi tetap memproduksi pasta gigi tersebut, dan produknya selalu laris di pasaran(?), itu mungkin karena disamping menjual pasta gigi mereka juga menjual user experience(UX). Begitu juga halnya dengan website, sebaiknya dalam mendesain sebuah website kita juga harus mempertimbangkan user experience-nya.
Jangan sampai design yang kita buat tidak cocok dengan user bisa-bisa seperti ini

Ada banyak hal menarik lainnya yang disampaikan oleh narasumber ketika kuliah tamu kemarin, namun untuk sementara ini hanya itu yang bisa saya share.

Terima kasih telah mengunjungi Gelas Setengah Isi.
Mohon maaf apabila ada kesalahan.

Dan terkhusus, terima kasih kepada Pak Dr. Sunu Wibirama yang telah menyediakan waktunya dan meng-share pengalaman serta pengetahuan beliau mulai dari beliau kuliah di Thailand hingga di Jepang dan dalam hal penelitian yang beliau lakukan. Semoga kelak akan ada dari peserta kuliah tamu kemarin yang akan mengikuti jejak beliau. Aamiin. S3 Jepaaaang!! (S1 aja belum kelar) hahah.

Lanjutan... (Lapisan dalam UX baca: klik disini)
Akhir kata.. Correct Me If I'm Wrong (CMIIW)



                                                                                                         Penulis
                                                                                                              ttd
                                                                                                          Admin

No comments:

Post a Comment

Tak ada gading yang tak retak!!
Komentar dan masukan yang bersifat membangun selalu kami harapkan, demi kebaikan bersama.

Pages