3 KATA AJAIB DALAM HUBUNGAN SOSIAL!!

3 KATA AJAIB DALAM HUBUNGAN SOSIAL!!

Hari ini saya kembali dapat sms dari seorang kenalan, bisa dikatakan teman. Isi smsnya begini "Kalau sempat kesini ya, install-in laptop aku". Sepintas nggak ada yang salah dengan kalimat ini. Tapi, mengingat kita adalah seorang mahasiswa, sebaiknya kita mempunyai keterampilan berkomunikasi. Ada seorang bijak pernah ngomong begini: "JIka Anda bisa berbicara, Anda bisa mempengaruhi. Jika Anda bisa mempengaruhi, Anda bisa mengubah hidup!!".

Kembali ke sms tadi. Untuk kasus ini, mungkin tidak begitu masalah mengingat pengirim dan penerima sms merupakan teman, seusia, dan masih ada hubungan keluarga. Tetapi, kita harus membiasakan cara berkomunikasi yang tepat untuk pengembangan diri dan peningkatan dalam karir nantinya.

Alangkah baiknya jika kita menyelipkan kata "tolong". Dengan begini, tidak akan menimbulkan kesan memerintah. Jika ada kesan memerintah didalam kata-kata kita, maka niat teman yang ingin membantu kita pun kadang bisa hilang olehnya.

Mari kita biasakan menggunakan kata "tolong" ketika kita membutuhkan bantuan siapapun dalam hal apapun. Mengucapkan terimakasih setelahnya, dan mengucapkan maaf dalam kasus lainnya. Kata maaf tidak hanya diucapkan ketika kita berbuat salah. Tetapi juga sebaiknya kita biasakan untuk menggunakan kata-kata tersebut pada kasus apapun yang dirasa perlu. Sebagai contoh coba sama-sama kita perhatikan kalimat berikut:
"Mas, kesini nanti ya, Install-in laptop saya!!"
bandingkan dengan kalimat berikut:
"Maaf Mas, bisa kesini nanti kan? Tolong install-in laptop saya" dan jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih sesudahnya.

Terima kasih, tolong, dan  maaf merupakan 3 kata yang sederhana yang dampak positifnya luar biasa. Maka jangan pernah lupa mengucapkan terima kasih, jangan pernah gengsi bilang maaf, dan janganlah sombong untuk bilang tolong.

Wassalamu..

No comments:

Post a Comment

Tak ada gading yang tak retak!!
Komentar dan masukan yang bersifat membangun selalu kami harapkan, demi kebaikan bersama.

Pages