Lab 2 : Menambahkan Mikrotik.img ke GNS3

Objectives : Menambahkan mikrotik.img ke GNS3, persiapan labing.

Assalamualaikum wr wb. Kemarin, kita telah menginstall atau membuat file image (.img) dari RouterOS mikrotik kita. Kali ini kita akan menambahkan file image tersebut ke GNS3.
Langkah-langkahnya:

  1. Buka GNS3, lalu klik edit-->preference pada pojok kiri atas, maka akan muncul tamplian seperti dibawah ini. Pada GNS3 yang baru di install, belum dilakukan konfigurasi apa-apa, maka Router IDN_R, IDN_RB, dan MikroTik tidak akan tersedia disana, jadi kita tidak perlu khawatir kalau tampilannya sedikit banyak berbeda.
  2. Lalu klik Qemu Vms --> new --> Masukkan nama sesuai keingnan (disini penulis menggunakan nama IDN_M sebagai identitas router) --> klik next seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini. Akan muncul tampilan untuk memilih qemu binary dan ram, next saja
  3. Lalu tambahkan mikrotik.img yang kita buat pada lab sebelumnya ke GNS3. Pilih New Image-->Browse --> temukan file mikrotik.img yang kita buat sebelumnya. --> Open
  4. Maka akan muncul jendela popup, Anda bisa klik yes, lalu klik finish seperti pada gambar dibawah ini
  5. JIka berhasil, maka akan Router kita telah tercipta. Namun kita masih perlu untuk melakukan beberapa konfigurasi lagi, maka klik edit seperti pada gambar dibawah.
  6.  
  7. Lalu, klik browse seperti pada gambar dibawah. Pengaturan tersebut adalah untuk mengganti icon router kita.
  8. Lalu, pilih icon router yang maun kita gunakan
  9. Selanjutnya, lakukan konfigurasi untuk mengatur jumlah port yang akan kita gunakan, type nya apa, dan name formatnya bagaimana. Caranya dengan meng-Klik tab Network, lalu atur konfigurasi yang dibutuhkan.
  10. Jika telah selesai, maka icon router kita akan berubah seperti icon yang kita pilih sebelumnya.
  11. Tambahkan Device router ke workspce (lembar kerja), lalu klik kanan dan pilih start dan perhatikan gambar dibawah ini. Warna merah menunjukkan keadaan router yang masih belum running, sementara warna hijau menunjukkan bahwa router tersebut sudah running.

  12. -->
  13. Klik kanan, pilih console dan login dengan menggunakan username admin dan password dibiarkan kosong
Congratulations... Kita sudah bisa menggunakan GNS3 untuk labing..

Semoga bermanfaat, wassalamualaikum wr. wb.

2 comments:

  1. izin mas, saya sedang belajar networking melalui Blog mas ini. sebelumnya di kuliah pernah belajar menggunakan Cisco Packet Tracer untuk simulasi networking sederhana, semoga pahala dari Allah swt. terlimpahkan untuk mas karena telah berbagi ilmu

    ReplyDelete
  2. Aamiin. Terima kasih doanya mas.
    Untuk terus mengikuti artikel/lab terbaru, silahkan pantau di https://alexpranozal.wordpress.com/
    Kita udah pindah ruangan ke wordpress.com

    ReplyDelete

Tak ada gading yang tak retak!!
Komentar dan masukan yang bersifat membangun selalu kami harapkan, demi kebaikan bersama.

Pages